Akta jual beli tanah adalah dokumen berkekuatan hukum yang membuktikan adanya peralihan hak atas tanah dari pemilik (penjual) kepada pemilik baru, dalam hal ini pembeli. Surat akta jual beli tanah ini baru dapat dikeluarkan jika transaksi sudah lunas. Namun dalama artikel ini, Anda bisa melihat contoh akta jual beli tanah yang umum digunakan.

Sebagai dokumen berkekuatan hukum, surat akta jual beli inilah yang nantinya menjadi rujukan, baik bagi pembeli maupun penjual jika nantinya terjadi sengketa atau masalah hukum sesudah transaksi. Meski demikian, ada beberapa prosedur yang akan dibahas dan harus Anda perhatikan. Antara lain sebagai berikut:

  1.  7 Informasi Penting Sebelum Membuat Akta Jual Beli Tanah
    1. Dokumen yang Harus Dipersiapkan Penjual
    2. Dokumen yang Harus Dipersiapkan Pembeli
    3. Mendatangi Pejabat Pembuat Akta Tanah atau PPAT yang Berwenang di Wilayah Tanah Berada
    4. Pemeriksaan Sertifikat Hak Atas Tanah dan PBB
    5. Persetujuan Suami Atau Istri
    6. Syarat Pembuatan Akta Jual Beli Tanah
    7. Waktu Pembuatan Sertifikat Tanah
  2. Contoh Akta Jual Beli Tanah
  3. Cara Membuat Akta Jual Beli Tanah
  4. Biaya Pembuatan Akta Jual Beli Tanah

lantas bagaimana bila ada pemalsuan AJB??

pada dasarnya AJB itu aasli saja akan tetapi dalam proses pembuatan akta jual beli ada saja oknum yang membuatnya tidak sesuai prosedur sehingga ada permasalahan lainnya yaitu perbuatan melawan hukum atau tindak pidana yang di lakukan sehingga hal tesebut bisa di permasalahkan dan di proses hukum lebih lanjut.

Pemalsuan tanda tangan akta jual beli bisa kena pidana penjara

dalam adanya pemalsuan tanda tangan sehingga terbit AJB yang melanggar hukum.. hal ini bisa di pidana dengan pasal 263 :

Pasal 263 ayat (1) KUHP berbunyi sebagai berikut:

Barangsiapa membuat surat palsu atau memalsukan surat, yang dapat menerbitkan sesuatu hak, sesuatu perjanjian (kewajiban) atau sesuatu pembebasan utang, atau yang boleh dipergunakan sebagai keterangan bagi sesuatu perbuatan, dengan maksud akan menggunakan atau menyuruh orang lain menggunakan surat-surat itu seolah-olah surat itu asli dan tidak dipalsukan, maka kalau mempergunakannya dapat mendatangkan sesuatu kerugian dihukum karena pemalsuan surat, dengan hukuman penjara selama-lamanya enam tahun.

bagi anda yang ing konsultasi lebih spesifikasi berkaitan permasalahan yang anda hadapi tentang permasalahan tanah khususnya masalah akta jual beli. bisa menggunkaan layanan konsultasi kaami siapkan.

Konsultasi Hukum AJB / AKTA JUAL BELI TANAH ATAU RUMAH

Konsultasi hukum ,kami Konsultan hukum online adalah orang yang memberikan konsultasi Hukum seperti nasehat- nasehat dan pendapat hukum terhadap suatu tindakan / perbuatan hukum yang akan dan yang telah dilakukan oleh kliennya. Tindakan dan perbuatan hukum yang dimaksudkan adalah diluar pengadilan (non litigation), saya adek wahyudin,SH menerima layanan konsultasi hukum  untuk anda yang sedang memiliki permasalah hukum, kami juga sebagai pengacara saya memiliki pengalaman penyelesaikan permasalahan hukum baik bidang pidana maupun perdata, maka itu Selain Konsultasi hukum kami juga menerima layanan penangan kasus hukum yang sedang anda hadapi, baik itu sedang dalam kepolisian , kejaksaan dan pengadilan

Konsultasi Hukum Online

Pada Halaman website ini kami membuka layanan konsultasi hukum 24 jam online untuk anda pencari keadilan. konsultasi ini bisa menggunakan aplikasi whatsapps maupun telepon. kami juga membuka layanan konsultasi hukum gratis untuk anda sebagai korban dari tindak pidana dan tidak mampu.

Konsultasi Hukum sekarang!

kami berharap dengan adanya layanan ini dapat membuat anda lebih mudah mendapatkan layanan konsultasi lebih mudah dan untuk kamu yang benar-benar membutuhkan layanan konsultasi hukum bisa langsung konsultasikan sekarang juga!

BIDANG HUKUM YANG BISA DI KONSULTASIKAN

× Konsultasi Hukum? Klik!